13 October 2007

sekedar bersenandung


..
entah kenapa, suasana lebaran tahun ini justru disertai rintik hujan yang seakan mau bicara lain dari biasanya. malam tadi (kemarin tepatnya) sepanjang jalan menuju baturaden dari kota purwokerto rintik hujan membasahi iring-iringan kendaraan yang lewat. aku jadi teringat waktu mengintip hujan dari balik jendela kamar tamu di masa kecilku. yap, kembali ke rumah! kembali merasakan kehangatan suasana rumah. bersua kembali dengan sanak saudara dan keluarga. sementara hujan membawa kesejukan dan basah yang semakin mencerahkan warna pepohonan.
tahun ini aku cuma bisa menikmati padatnya jalan raya sokaraja. semakin banyak orang yang mudik dengan kendaraan roda dua yang sarat beban. semua bergegas seakan hari akan turun hujan. dan benar saja, malam ini hujan. sementara banyak diantara kawanku yang kembali ke rumah masing-masing, aku tetap berada di kota ini. sepi di tengah keramaian arus mudik di kota kecil ini.

..
I'm broke but I'm happy
I'm poor but I'm kind
I'm short but I'm healthy, yeah

I'm high but I'm grounded
I'm sane but I'm overwhelmed
I'm lost but I'm hopeful baby

..
beruntung aku mendapat tempat baru dan kawan baru yang menerimaku sebagai bagian dari keluarga besar kehidupan. aku cukup bisa sejenak melepaskan kerinduanku pada sosok bapak dan adik-adikku seharian kemarin. tempat baruku, sokaraja, sudah banyak memberiku kesempatan untuk terus berkarya dan berkarya... sejak awal bulan ini sudah cukup banyak yang bisa ku dapatkan dari setiap perjumpaan dan pergumulan dengan keluarga besar stasi sokaraja. jujur, aku merasa beruntung diberi keleluasaan dan tempat tinggal yang nyaman. setiap hari bisa menyiram tanaman dan bangun lebih pagi. mengintip setiap hari aktivitas manusia pagi di jalan raya yang mulai beranjak ramai dengan hiruk pikuk kendaraan antar kota.
..
kembali ke rumah! kembali ke fitrah menjadi manusia biasa...
setelah bergelut dan berpeluh seharian dengan beratnya beban hidup.
setelah seharian dihadapkan dengan harapan dan keinginan.
setelah sebulan lamanya menahan lapar dan haus akan materi dunia.
maafkan segala kekhilafan selama ini..
..
kawan, selamat iedul fitri 1428H
selamat datang kembali ke boemi-manusia!
.

10 October 2007

17:43:48
perubahan pasti terjadi. maka itu, kita harus berubah..!
untuk bisa lebih baru dan lebih baik dari yang lalu...!
..
hari ini dia kembali menemani aktivitas di tempat tugasku. penuh dengan cerita, impian masa kecil. yap, menyenangkan memang jika kita berani bermimpi... tidak sebatas mengkhayalkan hal-hal diluar batas
sekalipun tidak. sesiang tadi banyak hal yang dia obrolkan padaku, mulai dari kejenuhannya silam hingga impian yang selalu membuat mukanya semakin cerah.. hmm, benar kata temanku.. hari ini dia cantik!
aku selalu dibuatnya kagum dan semakin terjerat dalam dunia angannya. entahlah, ku biarkan saja..rasanya sensasi yang sedang bergelayut membuatku betah berlama-lama memandang wajahnya dan mendengar suara halusnya. khas jogja? boleh jadi.

mimpi.... tak peduli siapa dirimu dan dari mana asalmu, kau juga bisa meraih hal-hal luar biasa sepanjang kau berani bermimpi dan pantang menyerah! ujar-ujar dari negeri seberang menyebut demikian: "there are many things that catch your eyes, but only a few that catch your heart. pursue those."
warren buffet, dalam sebuah seminar di universitas nebraska, ketika ditanya rahasia kesuksesannya menjawab demikian: "saya tidak berbeda dari Anda sekalian. jika ada, perbedaannya hanya bahwa saya bangun setiap pagi dan memiliki kesempatan untuk melakukan apa yang saya cintai setiap harinya." ringkasnya seperti syair lagu
KLa... bekerja dengan cinta, bagai sang pencipta membentuk insan-insaninya...
semalam aku dipinjamkan oleh sendy, sebuah majalah komunitas. isinya sangat inspiratif dan motivatif. ada banyak hal positif yang bisa ku pelajari, pun ketika semalam aku sempat beranjangsana ke rumah seorang perempuan. malam itu dia manis...
hmm, semakin hari semakin aku mengaguminya. dan semalam juga aku mendengar cerita pengalaman dan gelak tawa seorang bapak yang kukagumi karena kecintaannya pada kerja-kerja sosial ekonominya.
..
sebentar yak...aku mo mandi dulu! nanti ku lanjutkan...
..
19:25:34
wah, segarnya.. hmm, pas banget. ada artikel info kesehatan yang bertajuk Mandi, Bikin Segar & Sehat!
ternyata menurut penelitian terbaru, mandi tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius.
dari sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen. penelitian terpisah di Jepang menunjukkan, 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu dan menjalani tes olah raga lebih baik dan mengurangi rasa sakit. apa manfaat mandi dan berapa lama kita sebaiknya untuk mandi? nanti akan ku buat dalam tulisan terpisah.. tunggu saja, yak! hehe.... ;p
..
balik ke cerita semalam.. aku dan sendy sempat bertukar pikiran tentang masa depan. mulai dari organisasi hingga kehidupan yang sangat pribadi. pengalaman... yap, mengalami sendiri pergulatan dengan keseharian ternyata sungguh mengasyikkan. bahkan dari kejadian semalam aku mendapat inspirasi baru yang rencananya akan ku tuliskan sebagai bagian dari mimpi kecilku berbagi cerita tentang kehidupan. rasanya ga cukup satu tulisan yang bisa ku buat hanya dari apa yang ku alami semalaman silam. sungguh, hidup ini penuh dengan warna... ternyata lho!
terima kasih banyak untuk kawans2 semua... termasuk yang sedang membaca tulisan ini. pertemuanku dengan kawans2 lewat media apapun, entah nyata maupun maya, banyak memberikan dorongan semangat hidup untuk terus berubah.
laiknya sebuah lagu kenangan ...tanpamu apa artinya, denganmu aku merasa, impian dan harapan kan jadi nyata...
..
refleksi ku hari ini:
banyak orang yang punya kesadaran untuk berubah tetapi tidak pernah berhasil. mengapa? karena perubahan itu tidak menyentuh pola pikir. hanya sekedar di tataran realita tidak di tahap persepsi. manusia pada dasarnya terbelenggu oleh kebiasaan, habit atau tradisi. pola pikir atau persepsi dapat membentuk dorongan dan hasrat untuk dapat terlepas dari belenggu itu. keterbukaan pikiran, adalah modal awal bagi pembaharuan. Tuhan telah mengaruniakan otak pada manusia yang harus difungsikan sebagaimana mestinya.

selamat iedul fitri 1428 H... saatnya transformasi diri!
perubahan adalah keniscayaan!

[dha]


01 October 2007

tetap semangat!

Janganlah biarkan pikiran-pikiran Anda akan segala hal meninggalkan jejak yang dalam pada jalan pikiran Anda.
Janganlah menjadi "tongkat di dalam lumpur".
Lihat segala sesuatu setiap hari secara baru.
Hidup adalah sebuah petualangan raya.
Lihat sekeliling Anda: ada banyak jalan ke segala arah menuju penemuan-penemuan baru.

yap, malam ini aku baru kembali ke dunia.. setelah hampir dua bulan meninggalkan jejak dan merenda pengalaman di tempat baru. yap, dua bulan aku diberi kesempatan untuk mencoba belajar mengelola bareng cita-cita bersama, mengembangkan sebuah alternatif merenda masa depan... tidak dengan jargon atau slogan, tapi lewat tindakan dan belajar dari pengalaman.

kawan2 mungkin mulai berpikir bahwa hidup harus dinikmati dengan menjalani proses yang terhampar dan penuh liku.. ada yang mencoba dengan hal-hal kecil, sederhana dan mudah.. ada pula yang mencoba dengan berhadap-hadapan langsung dengan realita, dan mungkin juga ada yang mencoba berdamai dengannya. hidup memang penuh pilihan, bahkan ketika pilihan itu sendiri seakan menjauhkan kita dari hidup yang dicita-citakan.
wuih, kok jadi serius gini ya?
dua bulan yang lalu, aku diberi kesempatan bergabung dengan kawan2 aktivis credit union di kecamatan kemangkon-purbalingga. sebelumnya aku diberi kesempatan belajar di kantor pusatnya di jalan mesjid 33, purwokerto. mungkin kawan2 pernah mendengar atau setidaknya pernah sekilas tahu dari berita... peraih nobel muhammad yunus. gerakan yang dirintisnya tidak jauh berbeda dengan aktivitasku sekarang.
ternyata kawan, aku semakin diyakinkan... pilihanku untuk total terlibat di gerakan yang satu ini penuh dengan pembelajaran berharga. punya energi dan semangat saja tidak cukup... beberapa kawan bahkan menganggap mengurus diri sendiri saja sulit.
setiap hari orang harus berurusan dengan pemenuhan kebutuhan ekonomisnya... setiap hari pula orang dipusingkan dengan kenyataan harga-harga terus merangkak naik, kerja mati-matian dapat hasil tidak cukup, bahkan untuk kebutuhan utamanya. setiap hari pula orang disuguhi harapan akan kebebasan finansial, yang ternyata cuma pepesan kosong layaknya tayangan manis dan sedap iklan komersial... intinya setiap hari orang harus berdiri antara kenyataan dan harapan yang semakin lebar jaraknya.
orang sudah bosan dengan janji..tapi tetap saja banyak yang tertipu dengan janji.
hidup sederhana cuma slogan.. coba lihat, begitu mudahnya mendapat kredit motor tanpa uang muka sementara untuk menabung saja ga sedikitpun terlintas di pikiran. semakin banyak yang terlilit hutang... sayangnya hutang konsumtif... sementara tawaran kerja hanya hiasan di koran. semakin sedikit yang berani mengambil jalannya sendiri.
berdikari dan merencanakan keuangannya untuk hal-hal produktif bersama-sama...
semakin sedikit orang yang berani mengambil langkah kecil dan sabar meniti proses, berkembang dan belajar terus menerus...
bisa jadi inilah modernitas... semuanya serba gemerlap dengan kepalsuan yang semakin tipis bedanya dengan kenyataan....
semoga kawan2 tetap semangat... semangat untuk tetap berjalan...
jaga kesehatan!