13 October 2007

sekedar bersenandung


..
entah kenapa, suasana lebaran tahun ini justru disertai rintik hujan yang seakan mau bicara lain dari biasanya. malam tadi (kemarin tepatnya) sepanjang jalan menuju baturaden dari kota purwokerto rintik hujan membasahi iring-iringan kendaraan yang lewat. aku jadi teringat waktu mengintip hujan dari balik jendela kamar tamu di masa kecilku. yap, kembali ke rumah! kembali merasakan kehangatan suasana rumah. bersua kembali dengan sanak saudara dan keluarga. sementara hujan membawa kesejukan dan basah yang semakin mencerahkan warna pepohonan.
tahun ini aku cuma bisa menikmati padatnya jalan raya sokaraja. semakin banyak orang yang mudik dengan kendaraan roda dua yang sarat beban. semua bergegas seakan hari akan turun hujan. dan benar saja, malam ini hujan. sementara banyak diantara kawanku yang kembali ke rumah masing-masing, aku tetap berada di kota ini. sepi di tengah keramaian arus mudik di kota kecil ini.

..
I'm broke but I'm happy
I'm poor but I'm kind
I'm short but I'm healthy, yeah

I'm high but I'm grounded
I'm sane but I'm overwhelmed
I'm lost but I'm hopeful baby

..
beruntung aku mendapat tempat baru dan kawan baru yang menerimaku sebagai bagian dari keluarga besar kehidupan. aku cukup bisa sejenak melepaskan kerinduanku pada sosok bapak dan adik-adikku seharian kemarin. tempat baruku, sokaraja, sudah banyak memberiku kesempatan untuk terus berkarya dan berkarya... sejak awal bulan ini sudah cukup banyak yang bisa ku dapatkan dari setiap perjumpaan dan pergumulan dengan keluarga besar stasi sokaraja. jujur, aku merasa beruntung diberi keleluasaan dan tempat tinggal yang nyaman. setiap hari bisa menyiram tanaman dan bangun lebih pagi. mengintip setiap hari aktivitas manusia pagi di jalan raya yang mulai beranjak ramai dengan hiruk pikuk kendaraan antar kota.
..
kembali ke rumah! kembali ke fitrah menjadi manusia biasa...
setelah bergelut dan berpeluh seharian dengan beratnya beban hidup.
setelah seharian dihadapkan dengan harapan dan keinginan.
setelah sebulan lamanya menahan lapar dan haus akan materi dunia.
maafkan segala kekhilafan selama ini..
..
kawan, selamat iedul fitri 1428H
selamat datang kembali ke boemi-manusia!
.

No comments: