09 February 2007

kenangan desember...

















Minggu, 24 Desember 2006
1:04:32 PM

dua hari yang lalu, tepatnya dinihari, aku dihubungi seseorang. via pembicaraan panjang hingga pagi menjelang, aku sungguh diingatkan tentang arti komunikasi dan relasi. hal yang mungkin bagi seorang modernis bisa diatasi lewat seabreg fasilitas alat komunikasi. memang jatuhnya bukan pada bagaimana alat menjadi penting, justru komunikasi langsung itulah yang terutama semakin langka. ringkasnya, pembicaraan waktu itu lebih menjadi refleksi buatku pribadi. jarangnya aku berkomunikasi dengan bahkan keluargaku sendiri. alih-alih memanfaatkan teknologi, walhasil tidak ada keintiman didalamnya. terlalu asyik sendiri dengan mainan baru bertajuk jejaring relasi via dunia cyber. memang ada perjumpaan disana, tapi lebih pada panel-panel digital hasil fragmentasi tubuh personal. aku secara personal harus difragmentasi dalam kolom-kolom isian dan ruang testimoni. aku yang berubah harus tampil sempurna dalam kotak-kotak pixel yang up to date. aku yang sosial terhitung dari statistik relasi yang berjejaring. ada kehidupan disana? wallahualam, karena yang tersaji hanya fragmentasi tubuh mati.
kali ini, natal. lagi-lagi ga kumpul dirumah. kali ini pula, misa malam natal harus ku nikmati di tempat berbeda. tidak seperti biasanya, aku dan kawan-kawan lama berbatik ria di paroki katedral. yap, tadi malam ku sempatkan berkumpul bersama di rumah seorang teman. ada kehidupan disana. bukan maya seperti di pertemuan sebelumnya.















kita menikmati kehangatan karena kita pernah kedinginan
kita menghargai cahaya karena kita pernah dalam kegelapan
maka kita dapat bergembira karena kita pernah merasakan kesedihan

No comments: