09 February 2007

tentang teknologi..



Jumat, 24 Nopember 2006
2:47:30

gadget 4 2day! setiap jeda acara tv selalu kita disuguhkan dengan satu-dua bahkan lebih panel teknologi "terkini" yang memikat. mulai dari alat komunikasi hingga bentuk-bentuk "aneh" dari peralatan sehari-hari, semisal sikat gigi bervibrasi.

bahkan seolah hanya dalam hitungan waktu benda-benda bermetamorfosa dalam bentuk yang jauh berbeda dengan kemunculan di awal. alih-alih kreasi teknologi modern, semisal kendaraan automatik, persaingan siapa lebih dulu pun tertera jelas pada serangkaian slogan promo yang tersaji. itu baru satu jenis produk saja.

bayangkan ada berapa macam produk hasil teknologi yang setiap saat membanjiri ruang promo media tivi. bisa jadi, bagi sebagian kalangan penikmat acara tivi, kehadiran iklan produk berbasis teknologi juga hiburan tersendiri. walaupun terkadang justru mengganggu kenikmatan. lagi seru-serunya kepotong iklan... misalnya.
..
Minggu, 26 Nopember 2006
20:22:18

kali lampau pernah muncul sebuah promo menarik garapan caberawit. entah masuk kategori iklan komersial atau layanan masyarakat. menggelitik... kesan pertama begitu promo itu muncul. sederhana tapi mengena.. kurang lebih isinya begini:
tempe jepang, kedelai argentina, jagung amerika, beras vietnam, caberawit indonesia..(?) ilustrasinya: segunung tumpeng nasi kuning dengan bendera merah-putih supermini di pucuknya...

nyambung curhatku gadget 4 2day!

hampir tiap waktu pesan audiovisual membanjiri imajinasi dan pilihan bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari. bahkan sangat menentukan peringkat status sosial. semisal, pilihan membeli hape. jangan berdebat soal fungsi apalagi pandangan terhadap teknologi. semakin banyak fiturnya belom tentu mendongkrak strata sosial di hadapan khalayak. pilihan ditentukan oleh rating. kalau menurut rating hasil survey entah tahun berapa bilang yang bakal laku merek A... ya, itu yang harus diikuti. bukan kualitas, bukan pula kemenangan atas kompetisi.

penyakit terbaru dari gigantisme teknologi.. hati-hati barang bajakan! harus yang original... mahal dikit tak apalah. masalahnya, sudah jadi kebiasaan. kalau ada yang lebih murah asal mereknya sama kenapa tidak?

entitas sudah tidak penting lagi.

yang bertarung adalah imaji pencitraan. cermin terbalik dari entitas produk itu sendiri. bisa jadi produk itu sendiri memang semu. sebagaimana tayangan smack down yang berhasil membunuh anak-anak di negeri kita. kekerasan tipuan berbuah kekerasan sesungguhnya.
...
yang terlihat dan terdengar
kadang berbeda dengan kenyataan
semua hanya KAMUFLASE...
....
--dha :)

No comments: